WASPADAI PENYIMPANGAN TUMBUH KEMBANG ANAK



Anak adalah buah hati, anugrah terindah dalam keluarga. Mampu mengamati tumbuh kembang anak secara optimal adalah kebahagiaan orang tua. Namun, tidak semua anak memiliki tumbuh kembang yang sama karena tumbuh kembang anak merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling terkait yaitu genetik, lingkungan dan perilaku. Proses ini akan memberikan hasil yang berbeda.
Pertumbuhan (growth) adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel jaringan interseluler ( bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh yang dapat diukur dengan panjang dan berat). Perkembangan (development) adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh( Kemampuan gerak kasar, halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian).

Tumbuh kembang anak dapat dapat di stimulasi dan dideteksi secara dini. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTK) adalah kegiatan merangsang kemampuan dasar anak usia 0-6 th agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Kemampuan dasar anak yang dirangsang dengan stimulasi antara lain yaitu kemampuan gerak kasar, gerak halus, kemampuan bicara dan bahasa serta kemampuan sosialisasi dan kemandirian. Kurangnya memberikan stimulasi pada anak akan menyebabkan terjadi penyimpangan tumbuh kembang anak bahkan gangguan yang menetap. Deteksi dini tumbuh kembang anak bertujuan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tersebut pada anak usia prasekolah. .

Dalam rangka membangun manusia seutuhnya yang merupakan bagian dari pembangunan kesehatan, maka diselenggarakan melalui upaya kesehatan anak sedini mungkin sejak anak dalam kandungan. Untuk itulah dr. Pratama Adi Prabawa selaku Kepala Puskesmas Kebumen II menjadikan Program Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK) prasekolah sebagai salah satu program unggulan di Puskesmas Kebumen II. Sasaran Program DDTK adalah anak usia PAUD dan TK diwilayah puskesmas Kebumen II. DDTK di TK sudah dilaksanakan sejak Tahun 2014, sedangkan di PAUD sejak Tahun 2014. Sasaran kegiatan ini adalah 18 TK dan 16 PAUD. Kegiatan ini dilaksanakan setiap 1 tahun sekali. Hasil dari pemeriksaaan masing masing peserta, akan disampaikan juga kepada Ibu Guru Di sekolah. Diharapakan dengan adanya program DDTK makan penyimpangan perkembangan akan diketahui sedini mungkin sehingga anak mampu tumbuh dan berkembang secara optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS DAN JADWAL PELAYANAN DI PUSKESMAS KEBUMEN II

TIPES MENGINTAI ANAK SEKOLAHAN