TIPES MENGINTAI ANAK SEKOLAHAN




Musim peralihan seringkali memberikan dampak kesehatan yang kurang baik pada masyarakat. Berbagai macam penyakit dapat muncul, salah satunya adalah Thypoid. Typhoid adalah penyakit infeksi saluran pencernaan khususnya pada usus halus. Masyarakat lebih mengenal penyakit ini dengan nama thypus atau tipes. Penyebab penyakit thypus yaitu bakteri salmonella Typhi dan Salmonella Paratyphi A, B dan C yang memasuki saluran pencernaan seseorang.

Beberapa waktu lalu, bidan desa Kalibagor (Novita Kristanti) mendapatkan informasi dari pihak guru SDN 2 Kalibagor bahwa > 10 siswa di SD tersebut terkena sakit yang gejalanya mirip dengan penyakit tipes. Siswa yang terkena sakit tipes sudah segera memeriksakan ke tenaga kesehatan terdekat. Meskipun semua siswanya sudah dalam kondisi sehat, namun pihak SDN 2 Kalibagor mengharapkan adanya penyuluhan ke SD tersebut tentang tipes, sebagai upaya mengenali penyakit tipes lebih dalam sehingga akan lebih waspada dan mampu mencegah penyakit tersebut datang lagi.

Menindaklanjuti adanya pelaporan kasus tersebut, maka dengan sigap tim dari puskesmas Kebumen II yaitu Linda YanuanF.T. dan Eko S.B. segera melakukan penyuluhan di SDN 2 Kalibagor pada hari Sabtu (22/11/2014). Sasaran dari kegiatan penyuluhan ini adalah siswa siswi dari kelas 1 sampai dengan 6 SDN 2 Kalibagor. Acara berjalan dengan lancar. Semua siswa terlihat tertarik dan antusias mendengarkan kegiatan ini.Kegiatan ini diharapkan bermanfaat dan mampu mengubah perilaku hidup bersih dan sehat dalam keseharian sehingga ma mampu melepaskan dekapan berbagai macam penyakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS DAN JADWAL PELAYANAN DI PUSKESMAS KEBUMEN II