KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA, ANTARA RASA INGIN TAHU DAN PENASARAN




Kesehatan Reproduksi Remaja
adalah suatu kondisi yang sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja (BKKBN, 2001). Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak ke masa dewasa. Pada masa ini, remaja memiliki rasa ingin tahu dan penasaran sehingga seringkali mendorong remaja untuk mencoba hal hal baru. Apabila tidak dimanajemen dengan baik, tentunya remaja akan dihadapkan pada masalah yang kompleks. Permasalahan remaja yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, seringkali disebabkan karena kurangnya mendapatkan informasi yang benar. Hal inilah yang menyebabkan penyimpangan perilaku kesehatan banyak terjadi di kalangan remaja saat ini.

Dalam rangka menumbuh kembangkan perilaku hidup sehat bagi remaja, maka sangat diperlukan sentuhan kepedulian dalam bentuk pelayananan dan penyediaan informasi yang benar tentang kesehatan, terutama kesehatan reproduksi remaja.

Hal serupa telah dilakukan oleh Tim Puskesmas Kebumen II pada hari Selasa (2/12/2014) di SMP Ma’arif 1 atas inisiatif dari Kepala Puskesmas Kebumen II yaitu dr. Pratama Adi Prabawa . Tim Puskesmas Kebumen II melakukan penyuluhan Kesehatan Reproduksi tingkat SMP, dimana kegiatan tersebut merupakan program Tahunan yang dilaksanaakan rutin 1 tahun sekali. Untuk tahun 2014, kegiatan ini berlokasi di SMP Ma’arif 1 Desa Kalirejo Kecamatan Kebumen. Sasaran penyuluhan ini adalah siswa dan siswi kelas 3 sejumlah 39 orang. Pengisi kegiatan tersebut adalah Tugirah (Bidan) yang menyampaikan materi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja dan Eko SB (Perawat) menyampaikan materi tentang Penyakit Menular Seksual dan NAPZA. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 2 jam.


Siswa dan siswi SMP Ma’arif tampak antusias mendengarkan informasi materi yang disampaikan oleh tim Puskesmas Kebumen II. Beberapa siswa terlihat aktif mengajukan pertanyaan. Sesekali terdengar tawa keras dari para siswa, manakala pengisi materi menyampaikan materi dengan bahasa yang menarik dan terdengar lucu. Hal ini dilakukan semata hanya untuk memberikan pemahaman kepada para siswa dengan bahasa yang mudah dipahami. Dan terbukti tim dari puskesmas Kebumen II mampu membuat suasana dikelas menjadi ceria dan siswa mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan remaja memeperoleh informasi yang tepat dan benar tentang reproduksi dan Penyakit Menular Seksual ,HIV AIDS serta bahaya NAPZA sehingga remaja dapat berperilaku sehat dalam menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS DAN JADWAL PELAYANAN DI PUSKESMAS KEBUMEN II

TIPES MENGINTAI ANAK SEKOLAHAN