SEJUTA MANFAAT KELAS DIABETES MELITUS (DM)


Diabetes melitus, atau yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis, adalah penyakit kronik yang disebabkan oleh:
1. ketidakmampuan organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau
2. tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif, atau
3. gabungan dari kedua hal tersebut.
Penderita diabetes melitus di seluruh dunia dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan yang cukup drastis. Diperkirakan lebih dari 80% kematian akibat penyakit ini terjadi di negara-negara miskin dan berkembang. Badan Kesehatan Dunia atau WHO juga memperkirakan bahwa jumlah kematian akibat diabetes mellitus atau kencing manis ini akan meningkat dua kali lipat atau lebih selama periode 2005 – 2030.

Menjadi penderita DM bukanlah hal yang mudah. Perasaan depresi, sedih, putus asa terkadang menyelimuti perasaan mereka. Dukungan keluarga terdekat merupakan suntikan semangat tersendiri bagi penderita. Namun dukungan yang tidak disertai dengan pengetahuan yang cukup mengenai Diabetus Melitus, justru dapat membuat penyakit ini sulit diatasi.

Hal inilah yang mendorong dr. Pratama Adi Prabawa selaku Kepala Puskesmas Kebumen II berinisiatif untuk mengadakan Kelas DM yang merupakan salah satu program Unggulan Puskesmas Kebumen II. Program Kelas DM diadakan setiap bulan sekali dengan jumlah penderita DM sekitar 70 orang. Setiap peserta penderita DM akan diberikan undangan untuk menghadiri kegiatan Kelas DM di Puskesmas Kebumen II sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Adapun kriteria peserta kelas ini adalah penderita yang memiliki kartu BPJS di wilayah Puskesmas Kebumen II. Kegiatan ini mulai aktif dilaksanakan sejak bulan Maret tahun 2014. Kegiatan pada program ini, antara lain:
1. Pra Acara :
-Penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan

-Pemeriksaan Tekanan Darah dan anamnesa

-Pemeriksaaan kadar gula darah



2. Acara (peserta dikumpulkan di ruang Aula Puskesmas Kebumen II)
-Pembukaan
-Penyampaian materi (secara personal dan umum)
*Personal : Konsultasi perseorangan dengan Kepala Puskesmas Kebumen II dan Nutrisionis.
*Umum : Penyuluhan untuk semua peserta DM di ruang Aula
-Senam DM
-Penutup

Materi yang disampaikan adalah materi-materi yang berkaitan dengan penyakit DM. Dalam kegiatan itu juga disampaikan tentang Lima Pilar tata laksana Diabetes Melitus (DM), yaitu :
1. Edukasi terutama jaga BB : banyak gerak, lakukan jalan kaki 15 menit perhari
2. Aktifitas fisik/olahraga : jalan kaki atau senam diabetes
3. Pengaturan Pola makan : metode 3J (Jumlah, Jenis, Jadwal)
4. Terapi Obat/ Insulin
5. Kontrol Teratur

Dengan program ini, diharapkan pasien DM & keluarga bisa mengurangi komplikasi dari bahaya penyakit DM, antara lain: Gagal ginjal, retinopati, Impoten, kardiovaskuler dan penyakit infeksi lainnya. Atas kesadaran hal itu ,maka diharapkan pasien tergerak untuk rutin memeriksakan diri dan mengikuti kegiatan ini agar pengetahuannya bertambah sehingga bisa meningkatkan kualitas hidupnya.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS DAN JADWAL PELAYANAN DI PUSKESMAS KEBUMEN II

TIPES MENGINTAI ANAK SEKOLAHAN